Knowledge, Religion and Technology

Thursday, February 15, 2018

Jawaban latihan matlab modul 2 (Array dan Matrik)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo teman-teman matlaber's yang lagi duduk dibangku kuliah. kali ini saya akan mencoba belajar dasar pemrograman tepatnya menggunakan software matlab. Agar kita lebih cepat dalam memahami alur suatu program dan pastinya lebih muda mengerjakan soal Praktek Metode Numerik ini. hehehe.
ni contoh soal (yang sebenarnya tugas! iyaa kan? ^_^.

Latihan :
1). Buat program yang meminta inputan angka sebanyak N, dimana N adalah inputan user. Output program adalah bilangan maksimum dan minimum dari angka-angka tersebut. (Gunakan array untuk menyimpan data angka-angka tersebut).
Contoh:
input N: 4
angka[1]: 3
angka[2]: 11
angka[3]: 8
angka[4]: -5
maks= 11
min=-5

2). Ron sangat suka bermain dengan angka-angka. Suatu hari dia iseng belajar pemrograman MATLAB. Ron ingin membuat program yang dapat menyimpan inputan berupa bilangan-bilangan integer ke dalam array, kemudian dari bilangan-bilangan yang disimpan tersebut akan ditampilkan bilangan-bilangan yang habis dibagi 4. Karena masih asing dengan MATLAB, Ron mengalami kesulitan untuk membuat program tersebut. Hermione yang biasa membantunya juga sedang sibuk mengerjakan tugas sekolah. Jadi, bantulah Ron untuk membuat programnya!
Contoh:
input: 1 1 2 2 8 6 4 2 18 16 4
output: 8 4 16 4

Jawabannya :
1).Program ini adalah mencari bilangan maksimum dan minimum dari suatu matriks yang belum diketahui isinya. Maka dari itu langkah pertama untuk menyelesaikannya adalah dengan menampung variabel jumlah yang berisi inputan dari user yaitu :

jumlah = input(‘masukkan bilangan ke-n: ‘); lalu membuat sebuah matriks dengan isi kosong yaitu Vektor = [] kemudian kita buat perulangan untuk penginputan data n dan mengisikannya ke variable Vektor dengan cara Vektor = [Vektor n];

Setelah variabel Vektor tadi diisi maka kita dapat memanggil fungsi matlab yaitu max dan min yang berfungsi untuk mencari bilangan terbesar dan terkecil dari suatu matrik 1xn atau nx1. Cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan max(data berupa matrik) atau min(data berupa matrik). Berikut sintaks lengkapnya :



2). Pertama user memasukkan inputan berupa array yang kemudian akan ditampung di variabel x,contoh inputannya adalah x = [1 1 2 2 8 6 4 2 18 16 4] selanjutnya kita akan mencari total isi dari x dengan cara mengetikkan panjang = length(x). Kemudian variabel ini digunakan untuk perulangan dalam mencari bilangan yang habis dibagi 4.

Di awal program kita sudah menginisialisasi bahwa variabel j=0, nah variabel j ini digunakan sebagai counter(kenaikan) pada variabel y, dan variabel y ini akan menyimpan nilai x yang habis dibagi 4. Lalu diakhir kita menampilkan y yang telah disimpan tadi dengan mengetikkan disp(y(1:j)). Berikut sintaks lengkapnya :


Okeee, sekian dulu yaa. Semoga Bermanfaat, Tetap semangat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Share:

4 comments:

Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Nasyid

SHOUTUL HAROKAH IZZATUL ISLAM MAIDANY

Fans Page

Postingan Terbaru

Pembahasan 11.9.3-packet-tracer---vlsm-design-and-implementation-practice CCNAv7.02 (ITN) 2022

 Assalamualaikum. Kali ini saya akan membahas Lab 11.9.3-packet-tracer---vlsm-design-and-implementation-practice CCNAv7.02 (ITN) 2022. Smo...